Tingkatan hacker

Seseorang yang mempunyai minat besar terhadap sistem komputer, mempelajarinya secara detail dan bagaimana meningkatkan kapabilitasnya. Besarnya minat yang dimiliki seorang Hacker dapat mendorongnya untuk memiliki kemampuan penguasaan sistem di atas rata-rata. Jadi, Hacker sebenarnya meliputi konotasi netral.
Dalam dunia “UNDERGROUND” {beroperasi secara sembunyi-sembunyi/dalam lingkungan Internet, suatu aktivitas yang tidak terlihat identitasnya}. Orang yang menjadi Hacker biasanya melalui tahapan berikut ini :
1. Mundane Person
Inilah tahap dasar seorang Hacker. Seseorang pada ingkatan ini pada dasarnya tidak tahu sama sekali tenang dunia hacker dan langkah-langkahnya. Walaupun Ia memiliki komputer an akses internet. Ia hanya tahu, bawa yang namanya Hacker itu membobol sistem komputer dan melakukan hal-hal yang negatif ( tindak kejahatan).
2. Lamer
Seseorang pada tingkatan ini masih dibingungkan oleh seluk beluk Hacking, sama seperti cara-cara Warez {dalam dunia Underground berarti menggandakan perangkat lunak secara ilegal}. Sudah mencoba belajar, tetapi pengetahuannya masih minim. Sudah bisa mengirimkan Trojan {yang dibuat orang lain} atau pada komputer orang lain ketika melakukan obrolan pada IRC {Internet Relay Chat} atau ICQ {berasal dari kata “I Seek You”. Aplikasi untuk Chatting dengan pertukaran file dan pengiriman SMS} dan menghapus file-file mereka. Padahal, Ia sendiri tahu persis bagaimana Trojan mereka. Biasanya seseorang yang sukses menjadi Hacker bisa melalui tahapan ini dengan cepat tanpa harus melompatinya.
3. Wannabe
Tahapan yang dilalui oleh mereka yang menjadi Hacker. Pada tingkatan ini seseorang sudah mengetahui bahwa melakukan tindakan Hack itu lebih dari sekedar menerobos masuk ke komputerorang lain. Ia lebih menganggap hal tersebut sebagai sebuah filsafat atau way of life. Akhirnya, Ia ingin tahu lebih banyak lagi. Mulai mencari, membaca dan mempelajari tentang metode-metode hacking dari berbagai sumber.

4. Larva
Tahapan yang dilalui oleh mereka yang menjadi Hacker. Disebut juga “NEWBIE”. Pada tekhnik ini, Ia sudah memiliki dasar-dasar tekhnik Hacking. Dengan mencoba menerobos masuk ke sistem orang lain hanya untuk mencoba apa yang telah dipelajari. Meskipun, pada tingkatan ini mengerti bahwa ketika melakukan Hacking, tidak harus merusak sistem/menghapus apa saja jika hal itu tidak lagi diperlukan untuk menghilangkan jejak.

5. Hacker
Ini adalah tingkatan tertinggi. pada tingkatan ini seorang Newbie sudah menguasai apa pun dan melewati tantangan apa pun dalam dunia sistem pertahanan dunia maya. tapi jika anda berada di posisi ini, jadilah hacker beraliran putih. TERTARIK??? coba saja………………………….

2 Komentar »

  1. Ray Said:

    Eh, boleh tau ga sumber2 yg dpt gw pelajari, biar gw bisa jadi seorang hacker….

    Tq…

  2. ridhochooy Said:

    ray,, coba aja kamu cri di wikipedia.org biasanya disana cukup lengkap tentang ilmu pengetahun


{ RSS feed for comments on this post} · { TrackBack URI }

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: