Perbedaan WordPress dan Bloger

Saat berniat blogging, mungkin anda bingung mau membuat Blog
dimana. Sebab banyak sekali pilihannya. Mulai dari blogger,
wordpress, multiply, blogdrive, indosiar, boleh, detik, dan
dagdigdug, dan lainnya.
Di antara sekian banyak pilihan tempat blogging itu, kali ini
mari kita ulas dan obrolkan tentang dua penyedia blog yang
paling banyak dipakai saat ini, blogger dan wordpress. Apa
saja kesamaan keduanya? Dan apa pula yang menjadi kelebihan
keduanya? Dan sudah tepatkah pilihan anda dengan membuat blog
di blogger atau wordpress?
Dalam memilih apapun, kebanyakan dari kita pasti akan memilih yang bagus dan (kalau bisa) gratis. Kedua kriteria umum tadi sudah pasti bisa dipenuhi blogger dan wordpress. Tapi di samping dua hal tadi, keduanya memiliki kesamaan lain. Apa sajakah?
1. Mudah digunakan. Keduanya sama-sama mudah digunakan. Semudah anda mengetik di program pengolah kata. Sebelum posting dipublikasikan, anda pun bisa melihat review-nya terlebih dulu. Membuatnya pun tidak sulit. Kita tinggal mengikuti petunjuknya yang cuma dalam beberapa langkah, maka jadilah blog kita.
2. Tersedia pilihan template (theme). Keduanya sama-sama punya pilihan theme. Namun, secara jumlah, pilihan lebih banyak terdapat di WordPress. Template atau theme ini pun sebenarnya bisa kita ganti dengan template lain yang beredar di internet.
Di samping itu, blogger memiliki keunggulan pada:
1. Bisa mengubah desain. Dengan mengedit berkas style (CSS), kita bisa mengubah desain seperti yang kita inginkan.
2. Bisa dibuat adsense. Mayoritas peraup uang dari Adsense yang menggunakan blog gratis, biasanya memakai blogger. Mungkin karena blogger dan adsense adalah sama-sama milik Google. Jadi lebih mudah untuk disetujui adsense-nya. WordPress pun sebetulnya bisa, tapi harus memakai yang versi berbayar.
Sedang wordpress memiliki kelebihan antara lain:
1. Adanya fitur kategori. Adanya kategori akan mempermudah pemilik dan pengunjung blog. Pemilik blog mudah untuk menentukan cakupan topik yang akan dibahas. Bagi pengunjung, fitur ini memudahkan untuk mencari topik tertentu yang diminati. Di wordpress, fitur ini secara otomatis muncul. Di blogger pun sebetulnya bisa dimunculkan, tapi perlu sedikit usaha.
2. Mudah untuk berkomunikasi. Menurut saya ini merupakan salah satu kelebihan terpenting wordpress. Yaitu bisa melakukan pingback atau trackback. Sebab, pada hakikatnya setiap pemilik blog adalah makhluk sosial. Suka untuk bergaul dengan pemilik blog lainnya. Selain berkomentar, melakukan pingback dan trackback adalah cara lain berkomunikasi dengan pemilik blog lainnya.
3. Ada statistik. Di wordpress tersedia plug in yang bisa menampilkan statistik, baik secara harian, mingguan, maupun bulanan. Ada juga informasi tentang jumlah pengakses setiap halaman beserta kata kuncinya. Semua informasi ini penting untuk memantau perkembangan blog anda. Sehingga anda pun bisa mengambil tindakan tepat untuk perkembangan blog anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: